Kungfu Internet

1 Jan 1970

Seekor panda gendut dapat menjadi jawara kungfu dalam “kungfu panda”. Jangan mau kalah dengan panda, kuasai kungfu internet sekarang juga.

JIKA ANDA duduk berjam-jam sehari didepan komputer yang terkoneksi dengan Internet, maka hal itu merupakan suatu kesempatan belajar yang luar biasa, walaupun kadang kesempatan itu tidak kita sadari.
Keberadaan Internet memang unik, salah seorang rekan penulis pernah mengatakan kalau koneksi Internet terputus, rasanya begitu banyak hal yang ingin dilakukan dengan internet, tetapi ketika koneksi Internet terpasang, kita tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan! ibarat perpustakaan raksasa, dan kita tidak tahu harus membaca buku yang mana terlebih dahulu.

Memang kenyataannya, seorang pakarpun belum tentu dapat menggunakan seluruh pungsi internet yang telah tersedia dan terus bertambah. Tetapi minimal, kita dapat mengenal dan mulai memperaktekan jurus-jurus sederhana yang akan dibahas pada artikel ini, tidak diperlukan kode program atau pengetahuan yang rumit untuk melakukannya.

Kumpulan jurus Internet dalam artikel ini tidak hanya merangkum beberapa trik dan penggunaan praktis internet yang dapat kita gunakan sehari-hari, tetapi mencoba memberikan pemahaman positif dalam menggunakan Internet.

Penggunaan Internet Secara Umum

Sebelum kita membahas jurus-jurus kungfu Internet, sebelumnya kita perlu memahami mengapa kita menggunakan Internet, dan mengapa kita sebaiknya memiliki jurus-jurus khusus untuk menggunakannya.

Internet memiliki pengertian yang luas, tidak hanya sekedar menjalankan browser dan mengakses website, saat Anda berkomunikasi melalui E-mail atau VoIP (Vois Over Internet Protokol) mengontrol komputer lain dengan remot access, download/upload file sharing, ataupun bermain game online, semuanya merupakan kegiatan-kegiatan yang memanfaatkan Internet. Semakin hari, pengguna Internet semakin bertambah, tetapi tidak seiring dengan penggunaan yang baik. Internet yang pada awalnya sangat membantu telah terdistorsi dengan berbagai gangguan. Ditengah semua gangguan dan rintangan itu, kita harus tetap menggunakan Internet untuk melakukan pekerjaan senari-hari.

Contoh mudahnya saja, e-mail yang pada awalnya memperlancar dan mempercepat pertukaran informasi, saat ini di susupi oleh spam, juga kebiasaan tidak menghapus ekor e-mail yang tidak penting sehingga tidak jarang kita harus mendownload beberapa kilobyte untuk membaca reply yang berisi satu kalimat saja. Untuk hal ini mungkin penting kita harus berkaca pada kebiasaan programer yang umumnya efisien dalam mengetik kode program.

Resiko tidak menulis kode program dengan baik antara lain adalah ukuran file membengkak, performa menurun, dan susah untuk di-maintainein.

Resiko yang sama sebenarnya berlaku di dunia Internet. Anda dapat mencoba mengikuti mailing list yang aktif dengan ribuan member di dalamnya, dan menghitung sendiri berapa banyak setiap harinya pesan yang di-reply secara kontinyu membentuk ekor e-malil yang semakin panjang, yang seandainya bisa dihemat pasti akan mengurangi beban trafic keseluruhan secara signifikan.

Dan ini baru satu contoh sederhana gangguan yang Anda temui selama menggunakan Internet. Mungkin relatif kecil, tapi efek dari duplikasi dan akumulasinya sebenarnya sangat besar.

Tidak ada jalan lain lagi bagi Anda pengguna Internet yang masih peduli, selain menghadapi gangguan dan rintangan semacam ini dan coba mengembalikan fungsi Internet dengan sebaik-baiknya. Agar memudahkan pembahasan, jurus-jurus kungfu Internet pada artikel ini dibagi menjadi dua, yaitu yang berhubungan dngan pengguanaan e-mail, dan satu lagi berhubungan dengan penggunaan browser.

Kita akan mulai dengan penggunaan Internet yang berhubungan dengan e-mail.

Jurus E-mail Palsu

Dengan jurus ini, Anda dapat mengirimkan sebuah e-mail yang seolah-olah dari ketua RT yang meminta sumbangan pada segenap warga, ketua RT gadungan meminta transfer dana dari ATM, Internet banking, paypal, san seterusnya. Besarnya sumbangan sukarela, tetapi minimal Rp 500 ribu saja. Wah, kok ada penulis blog yang mengajarkan jurus jahat? Jurus seperti ini wajib Anda ketahui agar Anda tidak langsung percaya begitu saja dengan setiap e-mail yang Anda terima. Ingat, identitas e-mil sangat mudah dipalsukan!

Jika Anda menggunakan e-mail client seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, Thunderbird, dan lain-lain, membuat account e-mail palsu sama mudahnya dengan membuat e-mail asli, yang umumnya hanya perlu mengisikan nama, e-mail address, Incoming Mail (POP3), dan Outgoing Mail (SMTP). Untuk membuat account e-mail palsu, yang perlu dilakukan adalah mengisi nama dan e-mail address dengan data palsu sesuai yang Anda harapkan akan diterima oleh calon korban Anda.

Bagian POP3 umumnya dapat dikosongkan atau diisi apa saja. Untuk keperluan account e-mail palsu, Anda tidak membutuhkan POP3 yang berpungsi untuk men-download e-mail yang masuk. SMTP digunakan untuk pengiriman e-mail dan diisi dengan penyedia layanan SMTP, bisa dari provider Internet yang Anda gunakan atau dari layanan gratis.

Selanjutnya, buat sebuah cerita bohong dan kirimkan sebuah e-mail pada korban yang dituju melalui account tersebut, dan Anda telah berhasil menjalankan rencana licik Anda. Hahaha! (menurut sinetron, Anda wajib tertawa jelek setelah melakukan hal yang jahat).

Jurus Membaca Header E-mail

“Bro, tolong transfer sepuluh juta ke rekening teman berikut ini (bla bla bla nomor rekening) buat pengobatan, jari tangan saya kejepit pintu”. Begitu bunyi e-mail yang Anda terima pagi ini dari sahabat dekat Anda.

Karena Anda telah mengenal jurus e-mail palsu, maka Anda tidak segera panik, Berbagai tindakan verifikasi dapat Anda lakukan, misalnya dengan menelepon langsung sahabat Anda tersebut, SMS, chat, sampai bertanya pada forum yang sering diikutinya.

Intinya banyak jalan untuk memeriksa keabsahan berita tersebut, (dan mungkin karena itu juga, seharusnya tidak akan pernah ada orang yang menipu Anda dengan cara ini). Kalau Anda masih penasaran juga , Anda dapat menggunakan jurus berikut:

Header e-mail

Header e-mail

pembaca header e-mail!. Umumnya header e-mail disembunyikan dari pandangan Anda, tetapi disediakan opsi untuk menampilkannya. Contohnya untuk menampilan header e-mail pada Thunderbird, Anda cukup memilih menu View- Message Source, atau dengan menekan tombol shortcut CTRL +U pada posisi e-mail yang aktif, e-mail client atau webmail lainnya biasanya juga menyediakan fitur ini. Lalu apa yang Anda dapatkan dari header e-mail? Anda dapat melacak rute perjalanan e-mail tersebut, IP address mana saja yang dilalui. Anda dapat menggunakan tools kecil, misalnya IPNetinfo (http://www.nirsoft.net/utils/ipnetinfo.html) untuk menyajikannya dalam bentuk yang mudah dipahami, yang perlu Anda lakukan hanya melakukan copy paste header e-mail ke dalam IPNetinfo.

Disini akan tampil informasi IP address, negara, sampai kontak provider Internet yang di gunakan . Anda patut curiga jika melihat kejanggalan pada informasi tersebut. Bagaimana mungkin teman Anda mengirimkan e-mail dari Selandia baru sementara mengaku berada di sebuah rumah sakit di Jakarta, misalnya.

Jurus Verifikasi E-mail

Masih tentang e-mail, Anda dapat juga melakukan verifikasi sebuah e-mail address untuk membuktikan apakah e-mail address tersebut aktif atau fiktif. Hal ini dapat dilakukan secara sederhana dengan mengirim sebuah e-mail pada e-mail address yang dicurigai, dan melihat apakah e-mail tersebut mental balik karena gagal dikirim oleh system, umumnya disertai dengan keterangan penyebab kegagalan pengiriman.

Jurus Menghalau E-mail Hoax

Anda telah bertahun-tahun menggunakan Interet, dan jika Anda selalu mempersulit orang lain dengan membantu penyebaran e-mail hoax, maka Anda telah menyalah gunakan fungsi Internet selama bertahun-tahun.

Analoginya seperti seorang pejabat yang telah bertahun-tahun duduk dipemerintahan, tetapi bila kebijakannya (yang tidak bijak) mempersulit rakyat, maka pejabat tersebut telah menyalahgunakan kepercayaan rakyat selama bertahun-tahun.

Analoginya kurang nyambung nih! Apa hubungan hoax dengan politik? Ternyata ada, keduanya memerlukan kepedulian terhadap orang lain.

E-mail hoax sendiri merupakan berita bohong yang sengaja dibuat hebboh. Tentunya agar tidak ketahuan bohong, maka harus dibuat meyakinkan. Entah dengan menyebutkan nama perusahaan terkemuka ataupun dengan menunjukan foto (hasil rekayasa). Agar orang terbujuk untuk menyebarkannya, e-mail hoax sering mengintruksikan kita untuk mem-forwardn-ya, kadang dengan ancaman berbentuk kutukan, misal berbunyi bahwa Anda akan mengalami nasib sial tujuh turunan jika tidak mem-forward-nya, atau bujukan provokatif bahwa Anda akan membantu sesama dengan mem-forward e-mail tersebut.

Kelemahan e-mail hoax adalah tidak dapat memberikan bukti yang ilmiah dan referensi dari web yang terpercaya, dengan bantuan search engine, Anda mungkin dapat melacak berita yang Anda curigai hoax. Penulis memperhatikan telah cukup banyak website yang berbaik hati mengumpulkan berita-berita hoax disertai dengan bukti sanggahannya.

Tidak ada jurus yang ampuh untuk megnhalau e-mail hoax, kecuali kepedulian Anda, karena setiap Anda menerima e-mail hoax, adalah keputusan Anda untuk menghentikan mata rantai lainnya.

Untuk pedli, Anda harus memahami kerugian penyebaran hoax, antara lain:

1. Membebani lalu-lintas Internet/mail server dengan hal yang tidak perlu.

2. Bagaimana jika hoax tersebut merupakan suatu penipuan dari pihak tertentu, dan ada yang tertipu dan Anda telah membantu penyebarannya.

3. Menimbulakan kepanikan/isyu yang tidak bertanggung jawab.

Juga fikirkan orang yang memiliki bandwidth Internet yang relatif kecil, mem-forward sebuah e-mail pada beberapa teman mungkin rasanya hanya merupakan hal kecil, tapi bayangkan efek bola salju yang dihasilkan, satu e-mail hoax bisa saja berkembang menjadi ratusan e-mail dalam hitungan hari.

Ingat bahwa hal kecil bisa berakibat sangat besar, seperti halnya membuang sampah sembarangan yang ikut mengakibatkan banjir, penggunaan listrik yang berlebihan merupakan salah satu isu global warming, penyebaran e-mail hoax juga tidak main-main, bayangkan saja, banyak e-mail hoax telah berkembang pesat hingga tidak jarang sebuah hoax memiliki berbagai versi bahasa, juga beberapa kali mengalami “re-us”, alias hoax lama dimunculkan kembali.

Tetap update akan berita-berita hoax di Internet, akan membantu Anda mengenali hoax, Anda juga dapat me-reply pengirim hoax (yang biasanya kenalan Anda juga) dengan informasi yang benar jika Anda mendapatkan referensi yang cukup untuk menyanggahnya.

Jika ragu antara hoax dan bukan, Anda dapat menghapusnya atau menyimpannya agar tidak membuat orang lain ikut menjadi ragu, jika Anda tidak tahan untuk mem-forward-nya walau telah membaca artikel ini, setidaknya berikan keterangan bahwa berita tersebut berpotensi hoax.

Jurus Mengenali E-mail Fhishing

Kalau e-mail hoax mungkin masih berniat iseng, tidak demikian dengan e-mail phishing, yang jelas-jelas bertujuan kriminal. Phishing merupakan istilah yang merujuk pada usaha mengambil informasi sensitif seperti username,password, ataupun detail kartu kredit, dengan cara menyamarkan identitas melalui komunikasi elektronik.

E-mail phising merupakan percobaan phising dengan menggunakan sarana e-mail. Jadi jangan panik jika suatu saat Anda mendapatkan e-mail dari sebuah bank terkemuka yang kebetulan Anda juga memiliki account disana, mengintruksikan Anda untuk mengklik link website bank tersebut dan mengisikan data pribadi dan rahasia Anda.

E-mail maupun website hasil dari link tersebut sangat meyakinkan, alamat e-mail berasal dari domain website bank tersebut, juga terdapat logo dan keterangan bank yang mirip dengan aslinya.

Untuk mengenali e-mail phising, berikut beberapa ciri yang terdapat pada pesannya:

1. “verify your account”

Perusahaan tidak seharusnya meminta Anda untuk mengirimkan username, dan data rahasia lainnya melalui e-mail.

2. “If you don’t respond within 48 hours, your account will be closed”

Pesan seperti ini sengaja ditampilkan untuk menimbulkan urgent dan menimbulkan kepanikan hingga kita tidak berfikir jernih.

3. “Dear Valued Customer”

E-mail phising sering tidak menyertakan nama Anda karena ditargetkan secara random, walau demikian jangan langsung percaya walaupun e-mail tersebut menyebutkan nama Anda dengan benar. Bisa jadi Anda memang difokuskan sebagai target.

4. “Klik the link below to gain access to your account”

Link merupakan kode HTML yang dapat disamarkan, bisa saja yang terlihat sekilas adalah link website yang sebenarnya, tetapi address sebenarnya tidak mengarah ke sana, atau dikenal dengan istilah maksud URL address.

Walau penulis belum pernah menemukan e-mail phising berbahasa Indonesia, tetapi sebaiknya kita tetap waspada jika mendapatkan e-mail berbahasa Indonesia yang memiliki ciri-ciri di atas. Beberapa enigne spam filter telah mampu mengurangi e-mail phising semacam ini sehingga tidak mengganggu aktivitas.

Jurus Mengatur Milling List

Salah satu sumber masuknya e-mail dalam jumlah besar adalah berasal dari mailling list, problema yang sering ditemui dalam mengikuti mailing list yang aktif adalah (diikuti malang dibuang sayang). Artinya, Anda membutuhkan beberapa informasi dari mailing list, tetapi tidak semua informasi Anda perlukan.

Anda dapat mengatur penerimaan e-mail dari mailing list dengan metode No E-mail, yang Artinya pesan yang masuk mailing list tidak akan dikirimkan ke alamat e-mail Anda. Isi mailing list dapat Anda baca pada website miling list tersebut. Metode lain adalah Digest E-mil, yaitu Anda hanya akan dikirimkansebuah e-mail secara periodik yang berisi rangkuman pesan. Fitur-fitur tersebut umumnya disediakan oleh penyedia mailing list.

Jurus Browsing dengan Cepat

Sampai disini kita tinggalkan jurus-jurus yang behubungan dengan e-mail, kita akan mulai membahas jurus kungfu yang berhubungan dengan browsing, alias berselancar di dunia maya.

Beberapa jurus yang dapat diperatikan pada web browser.

1. Bookmark.

Rasanya setiap web browser populer memiliki fitur ini, yang ferfungsi untuk menyimpan URL website favorit. CTRL+D merupakan shortcut yang umum digunakan untuk melakukan bookmark.

2. Kenali Sortcut.

Setiap aplikasi biasanya memiliki shortcut untuk mempercepat pekerjaan yang sering dilakukan. Saat Anda terbiasa menggunakan shortcut tersebut, keseluruhan pakerjaan akan menjadi lebih cepat.

Beberapa shortcut yang umum pada web browser adalah:

  • CTRL+T (membuat tab baru).
  • CTRL+tab (pindah antar tab).
  • CTRL+W, atau klik tombol mouse-wheel pada tab (menutup tab).
  • CTRL+klik hyperlin, atau klik tombol mouse-wheel pada hyperlink (membuka link pada tab baru).
  • ALT+D (menempatkan kursor pada address br).
  • ALT+Enter (membuka URL pada tab baru).
  • ALT+panah kiri (kembali pada halaman sebelumnya).
  • CTRL+Enter (otomatis menambahkan awalan “www.” dan akhiran “.com” pada URL yang diketik pada address bar).

3. Pengetikan URL.

Katakanlah Anda ingin mencari informasi mengenai Internet pada website wikipedia.org, bagaimana langkah-langkahnya? Mungkin Anda mengetikan terlebih dahulu URL wikipedia.org terbuka (tidambah lagi koneksi Internet Anda sedang parah), baru kemudian mengetikan keyword “Internet” pada field yang disediakan. Tapi, coba perhatikan perubahan URL yang terjadi pada address bar, tampak URL dari http://wikipedia.org menjadi http://en.wikipedia.org/wiki/Internet. Artinya, Anda sebenarnya dapat langsung mengetikan URL tersebut pada address bar untuk mendapat hasil yang sama.

Untuk mencari keyword yang lain, Anda tinggal mengganti kata “Internet” dengan keyword yang dikehendaki. Untuk dua kata atau lebih yang dipisahkan oleh spasi, Anda dapat menggunakan underscore sebagai pemisah kata. Misalnya ingin mencari kata “E-mail Address” maka ketikan http://en.wikipedia.org/wiki/email_Address.

Tip seperti ini dapat bermanfaat bagi Anda yang mempunyai koneksi Internet relatif lambat atau lebh suka mengeti cepat. Wikipedia.org hanyalah salah satu contoh website yang memiliki karakteristik URL yang dapat kita manfaatkan untuk bekerja lebih cepat. Kenali karakteristik website yang sering dikunjungi, mungkin Anda dapat menemukan cara yang lebih praktis.

Jurus RSS

Umumnya Anda memiliki sederet URL yang di-bookmark pada browser, yang tentunya merupakan URL favorit Anda. Tetapi terkadang saat Anda membukanya, web tersebut belum menampilkan update terbaru, tentunya cukup melelahkan jika Anda cukup sering mengalami hal ini.

RSS (Realy Simple Syndication. Rich Site Summary) memberikan notifikasi kepada Anda saat sebuah website memperbaharui kontennya, Anda dapat melakukan subscribe RSS jika website tersebut menyediakan fasilitas tersebut, yang umumnya ditampilkan dengan logo RSS.

Pada sisi ini Anda sebagai subscriber, Anda membutuhkan program-program RSS reader untuk memeriksa update konten terbaru. Terdapat cukup banyak pilihan SS reader, misalnya Google Reader (http://google.com/reader) saga (http://saga.mozdev.org/ yang dapat berintgrasi dengan browser Firefox, dan lain sebagainya.

Penutup

Sebagaimana cerita didunia persilatan dimana selalu ada langit di atas langit, demikian juga artikel kungfu Internet ini, masih merupakan lembaran kecil dari pengetahuan Internet yang demikian luas.

Bedanya, kika didunia persilatan mengajarkan jurus kungfu hanya boleh diturunkan pada murid terpilih agar dunia persilatan tidak dikuasai oleh pihak yang jahat, di dunia Internet justru sebaliknya, edukasi dan saling sharing pengetahuan pada sesama pengguna adalah salah satu jalan agar fungsi Internet digunakan dengan sebaik-baiknya.


TAGS 1


-

Author

Search

Recent Post