Lindungi Account Anda

15 Mar 2011

Keamanan dan Keselamatan Pemakai

INTERNET DAN PENGGUNAAN JARINGAN ELEKTRONIK BERTUMBUH SECARA EKSPONENTIAL.

Bila Anda pemakai baru, Anda mungkin tidak yakin tentang penggunaan medium dan peringatan yang Anda perlukan. Artikel ini menjelaskan beberapa langkah agar Anda online dengan selamat, dan bagaimana melindungi privasi account Anda di Internet.

Peringatan Keselamatan dan Keamanan

Ada dua bahaya pada jaringan komputer: orang lain yang tidak berhak memiliki akses ke account Anda, dan virus komputer. Yang pertama adalan bahaya yang paling umum. Untungnya, ada beberapa bekal yang dapat Anda miliki untuk melindungi Anda dari setiap ancaman.

Melindungi Account dengan Password

Apapun layanan online yang Anda gunakan, Anda akan memiliki sebuah password untuk memastikan bahwa hanya Anda dan administrator system yang memiliki akses ke account Anda. Password ini seperti kunci pintu depan; bila dua orang memiliki password yang sama, maka sekuritas account Anda hanya dapat digunakan setengah.

Memilih password yang tidak diketahui oleh orang lain atau tidak dapat ditebak oleh orang merupakan cara yang efektif untuk mencegah orang lain mengakses accout Anda. Orang-orang ini sering disebut crackers didunia online. Berikut ini beberapa aturan sederhana untuk memilih password yang baik untuk melindungi Anda dari crackers. (Beberapa layanan online memberi Anda password. Bila demikian halnya, maka terserah kepada layanan online untuk membuat password yang sulit.)

  • Password tidak boleh berupa sebuah kata. Crackers memiliki program yang dapat mencoba setiap kata di kamus. Bila Anda menggunakan sebuah kata sebagai password maka account Anda akan mudah ditembus.
  • Password Anda harus terdiri dari hurup besar dan kecil, angka, dan tanda baca. Jangan pernah menggunakan password yang hanya terdiri atas angka. Password yang terdiri atas lima karakter dan hanya terdiri atas angka saja bisa merupakan kombinasi dari (10.000) sepuluh ribu kemungkinan. Password lima karakter yang meliputi angka, huruf dan tanda baca dapa memiliki kemungkinan kombinasi sebesar (7,339,040,224.)
  • Password Anda tidak boleh berkaitan dengan tanggal atau kombinasi karakter lainnya yang dapat ditebak. Misalnya HUT Anda tangal 29 Mei dan Anda menggunakan password seperti 2966 atau mei29, dan sejenisnya adalah sangat mudah untuk ditebak. Dengan alasan yang sama, Anda tidak boleh menggunakan nama kekasih atau pasangan Anda, ulang tahunnya atau nama mobil atau hewan piaraan sebagai password.
  • Password Anda juga tidak boleh terdiri atas karakter yang berdekatan di keyboard. Sebagai contoh Anda menggunakan password qwerty.
  • Anda harus mudah mengingat password Anda sendiri. Tampaknya memang membuat password yang mudah diingat tidak memungkinkan, tetapi ini penting karena Anda harus mengingatnya dan tidak boleh mencatatnya.
  • Cara baik untuk membuat password yang mudah diingat adalah mengambil buku atau frase dan menggunakan setiap huruf pertama setiap kata.
  • Jangan pernah memberi tahu password kepada orang lain. Percuma. Orang ini dapat mengakses account Anda di layanan online bila membutuhkannya. Bila ada seseorang memanggil atau mengirim e-mail dan mengatakan bahwa mereka ingin password Anda, jangn diberikan! dan beri tahu hal ini ke administrator system.

Memilih password yang baik merupakan hal yang sangat bermanfaat yang dapat Anda lakukan untuk melindungi account Anda. Anda seharusnya mengubah password sesering mungkin (saya mengubah account saya setiap bulan.) Sehingga bila ada orang lain mengakses account Anda, ia hanya akan dapat melakukan dalam waktu terbatas.

By: Ratim


TAGS 1


-

Author

Search

Recent Post